Sabtu, 28 April 2012

Memilih Topik Blog

Memilih topik untuk blog? Untuk apa?... Terkadang masih ada banyak orang yang mengganggap remeh mengenai Topik Blog. Topik blog sangat sangatlah penting karena dalam memilih topik adalah 70% dari seluruh kegiatan blogging. Topik adalah sesuatu yang akan mencirikan seluruh postingan yang kamu tulis.Ada dua jenis blog yang bisa kamu buat, blog dengan konten spesifik atau blog dengan konten beragam. Tetapi saya sarankan jika kamu membuat blog sebaiknya mengisi konten yang spesifik agar pengunjung mengingat blogmu dan tidak hanya sekedar lewat.

 Ada banyak topik yang bisa diangkat untuk dijadikan menu utama blog kamu. Namun karena topik-topik tersebut sangatlah banyak , maka saya akan memberikan sedikit tips dalam memilih topik untuk blogmu. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk menentukan topik blog, yaitu:

Berikut penjelasannya...



Kegunaan dari google trends adalah mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang dipakai dan mencari tahu darimana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Hal ini sangat berguna sebagai bahan pertimbangan untuk memilih topik blog yang tepat dan bagus di search engine Google.

Kunjungi link berikut ini:


Kemudian masukkan kata kunci ke form Google Trends...


Beberapa saat kemudian akan muncul hasil dari trend pencarian kata kunci Blog. Coba lihat keterangan region di bagian bawah. Kamu akan mengetahui bahwa kata kunci tersebut banyak diakses negara mana saja.Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa memutuskan untuk memakai topik Blog yang sesuai. 

Dengan Google Trends juga, kita  dapat membandingkan dua atau lebih kata kunci


Jika kamu masih belum yakin pada topik blog kamu, saya sarankan satu cara lagi yaitu Google Suggest. Google Suggest akan memberitahu jumlah orang yang mencari kata kunci mirip dengan yang kamu pakai.

Kunjungi link berikut ini:

Sekilas memang tampak seperti mesin pencari Google biasa, tetapi coba masukkan kata kunci.Saya akan mencoba memasukkan kata kunci "I am extremely" dan coba tunggu beberapa saat.

Sekarang dapat kita lihat berapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut. Saat kamu memasukkan kata kunci di atas maka google menyarankan beberapa kata kunci terkait. Dari gambar di atas dapat kita ketahui bahwa yang paling banyak dicari yaitu "I am extremely angry" sebanyak 12.300.000. Tapi jangan pernah tertipu akan hasil tersebut. Bukan berarti hasil pencarian paling banyak adalah kata kunci terbaik untukmu. Semakin tinggi angkanya berarti semakin banyak juga sainganmu yang memakai kata kunci yang sama. Kamu harus pintar-pintar dalam memilih kata kunci yang tepat. Paling tidak hasil pencariannyadi kisaran satu hingga lima juta. Dengan begitu, sainganmu tidak terlalu banyak dan juga kata kuncimu masih populer.

Nah nah gimana sob? Sangat pentingkan mengetahui topik yang tepat dalam pembuatan blog, maka dari itu pilihlah topik blog yang masih populer dan di pastikan blogmu tidak akan sepi oleh pengunjung.


“Nantikan berbagai tips dan trik blog menarik lainnya hanya di blogger-sharearea.blogspot.com..”

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan kebiasaan memberi komentar setelah membaca demi kemajuan "Blogger-sharearea.blogspot.com".. ^^~