Minggu, 05 Januari 2014

SimSE : Incremental Model

Pada postingan ini saya akan membahas salah satu model dari game SimSE yaitu model "Incremental". Model tersebut bisa  dikatakan model yang paling mudah dikerjakan karena tidak ada batas waktu dalam mengerjakan model tersebut. Namun kekurangan dari game ini yaitu customer yang terlalu bawel yang selalu mengganti modul ==". Pada incremental model tersebut, nilai yang saya dapat tidak terlalu tinggi yaitu 100(yaela, nilai sempurna tuh ==")



Langkah-langkah incremental model yaitu:
1. Pertama-tama tentukan terlebih dahulu tugas dari masing-masing employee, yaitu:
                Amy : Implementation (experience: Excellent)
                Bob : Design (experience: Excellent)
                Karl : Requirement (experience: Good)
                Lola : Requirement (experience: Good)

2. Setelah itu, pilih menu artifacts yang dimana didalamnya terdapat 4 modul. Modul-modul tersebut nantinya akan dikerjakan oleh employee sesuai dengan urutannya(modul 1 sampai dengan modul 4).

3. Dalam setiap modul, terdapat poin-poin penting yang menuntut poin 100(untuk mendapatkan hasil akhir sempurna) , poin yang dimaksud yaitu:
                Requirement Progress                  : 100
                Design Progress                           : 100
                Implementation Progress             : 100
                Accuracy                                      : 100
                Total Satisfaction                         : 100
                Risk Analysis Progress                 : 100
                Difficulty Analysis Progress         : 100
Jadi untuk mendapatkan nilai terakhir sempurna maka poin-poin penting tersebut di setipa modul harus bernilai 100.

4. Langkah selanjutnya yaitu mulai pengerjaan modul pertama, klik kanan employee kemudian berikan tugas sesuai yang telah ditentukan. Jika salah satu employee telah menyelesaikan tugasnya maka dapat melanjutkan ke modul berikutnya. Contoh jika Amy telah selesai menyelesaikan implementasi modul pertama maka bias lanjut ke modul kedua, setelah modul dua selesai bisa lanjut ketiga dan seterusnya, begitu juga dengan employee-employee yang lain(Catatan: jangan membiarkan employee mengganggur)

5. Amy dan Bob bisa melanjutkan pekerjaannya jika modul yang dikerja telah selesai, sedangkan untuk Karl harus mengerjakan Difficulty analysis dan Lola harus mengerjakan Risk analysis terlebih dahulu sebelum lanjut mengerjakan requirement modul berikutnya. (Catatan:Difficulty dan Risk Analysis wajib dikerjakan setiap ada modul yang telah selesai dikerjakan)

6. Jika ada employee yang telah menyelesaikan tugasnya dari modul 1 sampai dengan 4 maka employee tersebut dapat bergabung dengan employee lain untuk menyelesaikan proses yang belum diselesaikan. Misalnya Bob telah menyelesaikan Design untuk modul 1 sampai dengan 4 dan Amy belum menyelesaikan Implementasi pada modul 3 maka Bob dapat bergabung dalam proses implementasi dengan Amy.

7. Perlu diketahui, diantara ketiga game simse, game incremental yang mempunyai customer paling bawel. Karena bias saja pada saat mengerjakan modul, customer akan melakukan perubahan modul(“Customer has change the module”) yang akibatnya akan mengacaukan modul-modul yang telah diselesaikan. Apabila hal tersebut terjadi maka teman-teman tidak perlu panik, yang perlu diperhatikan yaitu cek modul manakah yang poin accuracy dan total satisfactionnya berubah(poin awal jika sudah selesai 100). Jika sudah menemukannya maka lakukan evolve code pada modul yang diubah, yang dimana evolve code tersebut pengerjaannya dilakukan oleh Amy. Jadi apapun yang Ami lakukan jika terjadi perbahan modul maka hentikan pekerjaan Amy kemudian evolve code. Setelah evolve code selesai baru Amy dapat melanjutkan perkerjaannya kembali.

8.  Jika semua proses telah diselesaikan dari modul 1 sampai 4 maka kembali cek poin-poin penting diatas, apakah semua poin telah mendapat nilai 100 atau belum. Jika belum maka kerjakan kembali poin penting yang belum 100 nilainya(hati-hati terjadi perubahan modul lagi XD) dan jika sudah maka teman-teman hanya perlu klik kanan salah satu employee dan mengerjakan
             “Integrate” >> Check All >> Modul 1 kemudian Next Event

9. Dan yang terakhir yaitu menyerahkan final product kepada customer dengan cara klik kanan salah satu employee kemudian pilih “Submit Final Product To Customer” dan selesai :D


Link download game SimSE:


atau


Bagi teman-teman yang masih belum memahami langkah-langkah diatas, dapat langsung bertanya di kolom comment dibawah :D

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan kebiasaan memberi komentar setelah membaca demi kemajuan "Blogger-sharearea.blogspot.com".. ^^~