Minggu, 05 Januari 2014

SimSE : Waterfall Model

Pada postingan ini, yang saya akan bahas yaitu model SimSE yang pengerjaannya paling sulit dibandingkan dengan model-model yang lainnya yaitu waterfall model. Pada model tersebut, kita diberi batas waktu yang dimana jika melebihi batas waktu yang ditentukan maka nilai akhir akan berkurang dan juga kita diberi sejumlah uang yang digunakan dalam proses pembuatan software yang dimana kita juga diberi tugas untuk megatur gaji dari setiap employee yang bertugas ==".. Asli, game tersebut sangatlah rumit dan pastinya harus dimainkan berkali-kali untuk mengetahui cara dan proses kerjanya. Untuk model tersebut nilai saya juga tidaklah tinggi yaitu hanya 90 saja(mayan", hahaha XD).




Langkah-langkah Waterfall Model yaitu:
1. Pertama-tama yang perlu diperhatikan dalam waterfall model yaitu proses pengerjaan yang dilakukan secara berurutan yaitu dimulai dari requirement, design, coding dan testing yang dimana jika pengerjaan proses tersebut dilakukan secara acak maka akan membuat banyak error disetiap prosesnya (==”)

2. Sebelum mengerjakan requirement, yang wajib dilakukan yaitu membeli perlatan-peralatan yang nanti akan digunakan dalam mengerjakan tugas dari masing-masing proses
                “Purchase Tool(s)” >>  Check All >> Ok

3. Nah, setelah membeli alat-alat tersebut barulah kita dapat  melangkah  ke proses pertama yaitu requirement
“Create Requirement Document” >> Centang employee yang ikut bergabung >> Check All(tool) >> Ok
Dan employee yang bertugas yaitu ANDRE, ANITA, CALVIN dan PEDRO, sedangkan employee yang tidak bekerja dapat diturunkan gajinya yang dimana bertujuan untuk menghemat biaya(jangan terlalu rendah yoo karena kalau terlalu rendah nanti employeenya kabur XD). Biasanya dalam mengerjakan requirement, customer biasanya memberikan new requirement yang dimana  nantinya akan di review kembali. Memang repot tapi setiap mengerjakan new requirement tersebut pastinya nanti kita akan diberi bonus

4. Setelah menyelesaikan Requirement maka langkah selanjutnya yaitu reviewing document dan dilanjutkan dengan correcting the requirement document. Untuk employee yang bertugas tetap sama yaitu ANDRE, ANITA, CALVIN dan PEDRO. Yang membedakan yaitu ditahap tersebut kita dapat menaikkan gaji karyawan tersebut agar kerja maksimal.

5. Untuk tahap berikutnya saya persingkat saja karena kurang lebih pengerjaan dari design, coding dan testing sama yaitu create, review dan correct(sistem kerja per proses). Yang akan saya jelaskan yaitu hanya employee yang bertugas dan employee yang dinaikkan dan diturunkan gajinya.

6. Untuk design, employee yang bertugas yaitu ANDRE, ANITA dan EMILY sedangkan employee yang tadinya bekerja dan telah selesai serta employee yang lainnya yang tidak bekerja akan diturunkan gajinya(PEDRO, CALVIN, ROGER).

7. Untuk coding, employee yang bertugas yaitu ANDRE, EMILY, PEDRO dan CALVIN sedangkan employee yang lainnya yang tidak ikut bekerja diturunkan gajinya lagi XD..  Dalam pengerjaan coding ada proses lain lagi selain create, inspect dan correct yaitu integrate yang bertujuan untuk menggabungkan kode-kode yang telah dibuat. Untuk employee yang bertugas tetap sama kok :D

8. Nah, proses terakhir yaitu testing yang dimana employee yang bertugas yaitu ANDE, PEDRO dan MIMI sedangkan employee yang lain diturunkan gajinya.

9. Dan akhirnya selesai semua deh tapi perlu diingat  untuk mendapatkan nilai yang tinggi pada akhir game tersebut bukan hanya dilihat dari waktu penyelsaian tapi dilihat juga dari percent complete tiap proses pada artifacts. Jika ada persen complete yang belum sempurna maka kerjakan kembali proses yang nilainya belum memuaskan(harus mengulang dari requirement sampai testing kembali ==”)


10. Nah, jika nilai dari setiap proses telah sempurena maka langkah terakhir yang dilakukan yaitu menyerahkan produk kita ke customer(“ Deliver Product to Customer”) dan selesai XD


Link download game SimSE:


atau


Bagi teman-teman yang masih belum memahami langkah-langkah diatas, dapat langsung bertanya di kolom comment dibawah :D

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan kebiasaan memberi komentar setelah membaca demi kemajuan "Blogger-sharearea.blogspot.com".. ^^~